Iklan

Review Lengkap Cara Menggunakan Samsung M20

Sebelum membeli sebaiknya baca dulu cara menggunakan Samsung M20 yang rilis tahun 2019 ini. Samsung M20 (selanjutnya disebut m20), ialah salah satu series terbaru dari samsung yang dirilis pada bulan februari 2019. Series ini dipercaya sebagai pendobrak atau kuda hitam bagi samsung untuk menyaingi vendor lain yang telah memiliki pangsa di pasar menengah ke bawah.
Cara Menggunakan Samsung M20
Cara Menggunakan Samsung M20
Maklum, lini menengah atas milik samsung sendiri sedang mengalami kelesuan setelah kehadiran para rivalnya.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika kehadiran m20 dirasa “lebih murah” dibandingkan smartphone besutan samsung lainnya, meskipun fitur atau spesifikasi yang ditampilkan dan dijual jauh dari kesan murahan. Hehe.. memangnya kita mau berekspetasi seperti apa? samsung m20 tetaplah produk dari samsung, perusahaan elektronik yang sudah jelas mutu dan kualitasnya.

Cara Menggunakan Samsung M20


Nah jika kalian hendak mencari tahu tentang m20, atau memang sudah berniat untuk membeli m20, tidak ada salahnya lho untuk mulai membaca tulisan berikut. Karena di bawah ini kalian akan dijelaskan selengkap-lengkapnya tentang m20.

Mulai dari review, kelebihan, kekurangan hingga kesimpulan bahwa m20 itu layak nggak sih untuk dibeli dan dimiliki? Okay, im not gonna waste your time anymore.. So, check it out.

Review Samsung M20

Dijual secara resmi dengan harga 2.7 jutaan atau lebih lengkapnya ialah, Rp 2.799.999. Dengan spesifikasi samsung m20 memiliki 2 pilihan warna yang bisa kamu pilih, antara hitam batu karang atau warna biru laut. Keduanya menarik, tergantung pilihan warna mana yang lebih cocok denganmu.

Materialnya plastik dengan bentukan sudut yang umum digunakan pada smartphone kebanyakan. Tidak ada yang baru dari segi visual.

Selain membeli secara resmi di websitenya, kamu juga bisa membeli secara offline dan online atau melalui perantaraan pihak ketiga. Karena M20 termasuk smartphone yang ready di pasaran atau tidak “ghoib” sama sekali. Barangnya selalu ada karena permintaannya juga lumayan besar.

Sekedar tambahan saja, jika kamu membeli secara offline harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga resminya, contohnya saja di daerah jawa timur.

M20 dijual hanya disekitaran 2, 2 jutaan dan itupun masih bisa ditawar, jika kamu memang berlangganan dengan toko tersebut. Atau kamu ingin mencoba membeli secara online di e-commerce, harga yang tertera pun masih lumayan murah dibandingkan harga aslinya.

Di dalam paket penjualan samsung m20 sendiri bisa dibilang normal, tidak banyak yang berubah. Di dalam boxnya berisi, antara lain; kepala charger, usb, earphone, kitab-kitab dan tentu saja m20 itu sendiri. Tidak ada tambahan softcase, anti gores ataupun bundle dengan kartu provider tertentu.

Jadi jika kalian berniat membeli m20 maka sisihkan juga sedikit uang tambahan untuk aksesoris. Karena bagaimanapun anti gores itu tetap penting, apalagi bila kamu seorang yang ceroboh.

Jika berkaca kepada vendor lain, sebenarnya samsung mampulah untuk memberikan aksesoris tambahan pada setiap smartphone buatannya. Bukan hanya menambah simpati dan loyalitas kepada pembeli, namun juga dapat menarik konsumen baru yang sebelumnya belum pernah mencoba produk samsung sama sekali.

Cara marketing ini cukup ampuh lho digunakan beberapa perusahan baru yang bersaing di pasar Indonesia. Sebut saja, SPC atau Infinix.

Jaringan Samsung M20

Sudah mendukung jaringan 4g dengan menggunakan sistem android oreo sebagai bawaannya yang kemudian bisa juga kalian upgrade ke android pie (9.0). Untuk hal ini, Cara Menggunakan Samsung M20 ada beberapa catatan yang bisa kalian temukan dari para pengguna m20 lainnya.

Beberapa ada yang kecewa karena harus melakukan upgrade terlebih dahulu untuk mendapatkan android yang terbaru, padahal smartphone ini masih bisa dikatakan keluaran baru, bukan termasuk produk lawas dari samsung.

Chipset yang digunakan pada m20 ialah chipset unik buatan samsung sendiri. Mengingat bahwa samsung bukan hanya perusahaan yang basis penjualannya hanya pada barang elektronik saja.

Namun hingga ‘kejeroan’ sekaligus, maka tidak heran jika m20 menggunakan chipset (exynos 7904) yang dibuatkan khusus untuk mendukung multimedia, baterai yang awet,
multitasking yang lancar serta sinyal yang stabil. GPU yang dipadukan untuk menunjang kinerja chipset tersebut ialah Mali type G71 MP2.

Dengan berat sekitar 186 gram (masih tergolong ringan) serta ukuran yang lebar, M20 juga ditunjang dengan sensor sidik jari serta face unlock.

Sehingga tidak hanya nyaman dan tidak terasa berat namun juga aman dari tangan-tangan jahil yang suka usil untuk membuka smartphone milik kalian.

Dari hasil riset pasar yang dilakukan oleh samsung, m20 ini memang diperuntukan bagi kalian yang aktif bekerja diluar kantor atau yang berada di lapangan.

Untuk itu ukuran, berat, performa, warna hingga kualitas daya dibuat sesuai dengan yang dibutuhkan di lapangan. Sehingga dengan adanya kehadiran m20 ini sudah cukup untuk menemani aktivitas tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung M20

Kelebihan Samsung M20

Kelebihan yang kamu dapatkan dari smartphone ini ialah, layar yang besar. Ditunjang dengan layar berukuran 6,3 inchi serta resolusi full HD, membuat tampilan m20 terlihat lebar dan jelas.

Apalagi jika kamu merupakan pecinta game dan pengguna media sosial yang sering sekali online menggunakan smartphone. M20 mungkin bisa dijadikan pertimbangan yang baik buatmu.

Sekali lagi Cara Menggunakan Samsung M20, pada layar yang lebar dan luas pada m20 ini tidak hanya kece lho, namun juga memliki kecerahan warna dan enak dilihat. Tidak monoton, namun mampu memberikan penampilan yang seolah-olah hidup.

Memang tidak diragukan lagi, untuk kali ini, samsung layak berbangga atas kemahirannya mengakali layar m20. Tetapi tolong, jangan dibandingkan dengan produk samsung lainnya yang menggunakan layar super amoled, karena tentu jelas berbeda kualitas ketajamannya.

Sentuhan notch berbentuk infinity-v mungil yang ilegan di layar smartphone membuat m20 semakin kekinian dan bergaya.

Tidak dapat ditampik, memang sejak setahun terakhir, notch sudah seperti hal wajib yang harus disematkan pada setiap smartphone keluaran terbaru.

Hal ini disadari pula oleh samsung, yang kemudian mengikuti trend tersebut, hingga m20 juga kebagian jatah mendapatkan notch cantik nan ilegan tersebut.

Tampilan Samsung M20

Tampilan antar muka (UI) yang hanya kalian temui di smartphone lini high-end samsung. Setting yang diberikan pada m20 ini termasuk hemat, sama halnya pada tampilan antar mukanya. Kalian tidak akan menemukan settingan yang berantakan.

Semuanya jelas dan mudah sekali ditebak. Sangat cocok dengan kalian yang tidak terbiasa dengan bloatware atau aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak jelas peruntukannya pada smatphone.

Sama ketika kalian melihat tampilan m20 pertama kali, mirip dengan series note milik samsung. Sehingga terkesan sederhana namun mahal.

Baterai Samsung M20

Baterai yang serba serius, dengan kapasitas sebesar 5000 mAh. Bukan hanya terlihat menarik dengan warna dan ciri khas yang unik, m20 juga disematkan tenaga yang besar, sehingga mampu membuatmu tetap standby dan bertahan tanpa perlu membawa power bank kemana-mana. Hari gini masih bawa power bank dan ribet sendiri? Lupakan.
Samsung sendiri mengklaim bahwa m20 bisa digunakan selama 17 jam untuk memutar video, 29 jam untuk waktu bicara serta 101 jam untuk mendengarkan musik. Dengan perhitungan yang dimulai ketika baterai terisi penuh hingga 0 persen atau kosong.

Takut jika baterai besar yang ditanamkan oleh samsung tersebut simak Cara Menggunakan Samsung M20 akan ada banyak menyita waktumu untuk mengisi ulang? Tidak perlu risau, m20 bukan hanya dibekali dengan baterai yang super duper besar saja namun juga kemampuan untuk mengisi ulang secara cepat (fastcharge).

Pihak humas samsung mengatakan bahwa m20 dapat mengisi ulang 3 kali lebih cepat dibanding smartphone dengan rentang kelas harga yang sama. Jadi tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu yang berharga hanya untuk mengisi ulang daya pada gawai.

Baterai tanam bukan portable. Iya-iya tahu, zaman sekarang memang tidak ada lagi yang menggunakan baterai lepas pasang apalagi sekelas samsung.

Namun yang kalian tidak ketahui ialah, baterai tanam juga berarti confident bagi perusahaan untuk menyatakan bahwa smartphone yang dirilisnya termasuk smartphone yang kuat tahan banting, dalam artian tidak akan bermasalah pada power atau daya.

Dan dengan adanya hal tersebut, maka kalin tidak perlu khawatir dengan masalah daya pada m20.

Penempatan usb type c menggantikan port micro usb. Dimana lagi kalian menemukan lubang charger (port) yang menggunakan tipe tersebut pada smartphone samsung rentang middle-low?

Usb type c yang biasanya hanya berada pada smartphone kelas flagship (seperti series s dan note series pada samsung) menjadi daya tarik tersendiri ketika dihadirkan pada m20 ini. Tidak hanya terkesan mewah tapi juga berkelas.

RAM Samsung M20

Pemberian RAM secara alternatif. Untuk kamu yang sering kali merasa kecewa karena budget pembelian smartphone ternyata berbanding terbalik dengan harga smartphone yang sedang diincar, tidak usah ragu untuk mempertimbangkan m20.

Karena pada smartphone tersebut, tidak hanya disediakan ram 3gb, namun juga 4gb. Dengan selisih harga sekitar 600 ribuan kamu bisa mempertimbangkan m20 dengan RAM sebesar apa yang cocok denganmu.

Oh iya, menurut penulis jika kalian menggunakan smartphone untuk kebutuhan sehari-hari yang tidak terlalu banyak memakan memori, lebih baiknya memilih m20 dengan ram sebesar 3gb saja, karena pada kenyataannya untuk ukuran ram 3gb tersebut, sudah sangat mumpuni dan bisa diandalkan dalam memenuhi kebutuhan komunikasi, browsing maupun multimedia.

Opini dari penulis tersebut diambil dari pengalaman sendiri, mengingat m20 yang memiliki ram 4gb tidak masuk secara resmi sehingga jarang sekali ditemui di toko offline dan jika membeli secara daring, biasanya selisihnya lebih mahal dibandingkan dengan m20 dengan ram sebesar 3gb. Sehingga bila peruntukannya sendiri tidak terlalu genting maka gunakan saja yang ram 3gb.

Kamera Samsung M20

Kamera utama dengan besaran 13 megapiksel serta ditunjang dengan kamera sekunder ukuran 5 megapiksel. Mungkin beberapa tahun kebelakang, kamera sekunder lebih dikenal hanya untuk sebatas mendapatkan efek bokeh pada foto.

Namun untuk saat ini kamera sekunder lebih digunakan sebagai media untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas (wide angle) pada hasil foto. Sama seperti trend yang terjadi sekarang, kegunaan kamera sekunder pada m20 memang dirasa untuk memperluas bukan hanya pada efek bokeh belaka.

Yang menjadi poin utama pada kamera samsung m20 ialah, hasil fotonya yang bisa dibilang cukup lumayan untuk menangkap subyek secara nyata. Warnanya tidak pucat dan tidak terlalu berlebihan, pencahayaan yang ditimbulkan juga seimbang.

Jika mau disandingkan dengan produk smartphone lain di rentang harga yang sama, maka kualitasnya dapat dianggap setara atau mungkin sedikit lebih baik malahan.

Selain kamera utama, m20 juga menggunakan kamera depan dengan besaran hanya 8 megapiksel saja. Tidak terlalu memukau, namun masih normal dengan harga sekitar 2,7 jutaan di kelas samsung untuk mendapatkan kamera seukuran itu.

Apakah hasil jepretannya sendiri sudah istimewa? Hm, tidak bisa dibilang istimewa namun juga susah untuk dikatakan di bawah standar.

Nah Cara Menggunakan Samsung M20 Kamu perlu aktif dengan dua nomor sekaligus namun tidak ingin mengorbankan slot micro sd? Atau trauma dengan slot hybrid yang sering sekali diadopsi oleh smartphone-smartphone zaman sekarang? Eits, kamu mungkin bisa tenang sekarang.

Samsung mengabulkan keinginanmu lewat m20 ini. Disinilah letak poin plusnya, M20 menyediakan slot tersendiri untuk micro sd, sehingga kamu bisa menyimpan ratusan video, ribuan foto hingga puluhan ribu lagu. tanpa mengorbankan salah satu nomor smartphone. Sangat menunjang kehidupan sosial mu bukan?

Kekurangan Samsung M20

Sebagaimana kelebihan atau kecanggihan samsung m20 yang serba menakjubkan tersebut, m20 disisi lain juga punya kekurangan yang mungkin membuat smartphone ini tidak begitu sempurna di mata pengguna.

Samsung M20 Lemot dan Cepat Panas

Apa saja kelemahan tersebut? Salah satunya ialah kondisi panas (overheat) pada sisi belakang smartphone. Meskipun sudah menggunakan material jenis plastik pada sisi belakang, namun tetap saja tidak bisa mencegah rasa panas yang dihasilkan oleh smartphone.

Apalagi jika penggunaannya terlalu difosir, seperti untuk main game dan tab-tab lain yang digunakan untuk membuka media sosial. Maka panas yang dihasilkan semakin terasa. Bukan hanya terasa hangat saja.

Mungkin hal ini pula yang menjadi pertimbangan dari samsung untuk tidak memilih material lain pada case m20 tersebut, meskipun terlihat jadi serba biasa dan tidak terlalu menonjol, penggunaan plastik mungkin dipercaya untuk meredam panas yang dihasilkan pada mesin m20

Seperti yang dibahas sebelumnya Cara Menggunakan Samsung M20, plastik yang digunakan pada m20 ini bisa jadi membawa kelebihan dan juga kekurangan.

Tampilan Samsung M20

Kekurangan tersebut seperti genggamannya yang menjadi biasa tidak terlalu menarik, mirip dengan desain smartphone kelas low-end lain, serta sidik jari yang mudah menempel dan harus sering dibersihkan dari sisi belakang smartphone tersebut.

Disini mungkin penulis bisa memberikan sedikit solusi bagi kalian ya, seperti penggunaan softcase atau hardcase, agar panas yang dirasa dan juga kekurangan akibat bahan material plastik tersebut tidak terlalu kerasa. Paling tidak genggamannya sedikit lebih kesat dan mantap serta plastiknya tidak terlalu berasa.
Selanjutnya ialah performa m20 saat digunakan untuk bermain game. Beberapa game mungkin dapat berjalan mulus tanpa mengalami masalah yang berarti pada m20, namun untuk kalian pecinta game PUBG, Hm mungkin ada sedikit berita buruk yang kalian terima disini.

Samsung M20 Untuk Game

Samsung M20 mengalami sedikit masalah ketika digunakan untuk bermain PUBG, namun jika setting yang kalian gunakan sedikit diturunkan, masalah akan segera teratasi.

Intinya ialah, meskipun sudah full HD, nyatanya setting grafik yang digunakan harus diturunkan agar kalian tidak mengalami frame yang patah-patah saat bermain ataupun mengalami force closing.

Jadi kesimpulannya? Samsung M20 ini sangat layak kok untuk dimiliki jika kamu memang dapat bertahan dengan beberapa kekurangan tersebut.

Apalagi menurut penulis, kekurangan yang tidak seberapa itu malah tertutup dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh m20 tersebut.

Tetapi jika beberapa kekurangan itu merupakan hal yang utama dan poin terpenting ketika kamu membeli smartphone, maka mungkin kalian bisa mempertimbangkan smartphone milik vendor lain untuk dipersunting daripada harus bertahan dengan hal-hal yang akan membuat kalian jengkel setiap waktu.

Nah itulah tadi beberapa review lengkap bagaimana cara menggunakan samsung M20 agar ketika kamu membelinya tidak merasa dirugikan dalam melihat kekurangannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel