Iklan

Penyebab HP Samsung A50 Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Banyak penyebab HP Samsung A50 anda Mati Sendiri ada yang HP nya terkena virus, namun A50 anda Mati Sendiri biasanya akibat jatuh.

Nah sebelum masuk lebih jauh simak dulu ya, Dunia digital era ini sungguh semakin maju, perkembangan teknologi yang terus terjadi secara signifikan membuat beragam penemuan-penemuan produk digital semakin bernilai tinggi nan canggih.
HP Samsung A50 Mati Sendiri
HP Samsung A50 Mati Sendiri

Adapun teknologi yang dipatenkan dalam lingkup digital mobile (handphone), kita bisa melihat semakin banyak dan berkembang luasnya merek-merek handphone keluaran baru yang banyak diminati pasar.

Hal tersebut tentu sangat berdampak bagi bidang ekonomi maupun sosial. Dari sekian banyak brand-brand handphone yang bermunculan dan terus diproduksi, tentu kita tidak asing lagi dengan brand bernama Samsung.

Ya, Samsung memang cukup populer dikalangan merek produk digital teknologi, bahkan HP Samsung pernah menduduki peringkat pertama produk digital paling banyak diminati pada tahun 2019 apalagi keluaran terbaru HP Samsung A50.

Dari sekian banyak tipe-tipe keluaran handphone HP Samsung, ada satu yang bisa dibilang cukup menarik perhatian semenjak perilisan pertamanya,  yaitu Samsung A50.

Samsung a50 menghadirkan modifikasi yang lebih elegan dengan desain efek prisma dan berbekal spesifikasi RAM 4GB dan 6GB. Hal tersebut tentulah menjadi penarik minat para konsumen.

Namun semenjak perilisannya itu juga, Samsung a50 menuai kontra dan banyak pertanyaan mengenai kejadian yang terlalu sering dialami pengguna Samsung a50 tersebut, yaitu hp Samsung A50 yang mendadak mati sendiri.

Banyak keluhan mengenai hal tersebut, bahkan tidak sedikit yang berubah menjadi skeptis dan was-was oleh karena kerjadian HP Samsung a50 yang mati sendiri.

Lantas apa penyebab Samsung a50 mati sendiri? Dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Mengapa Samsung a50 Mati Sendiri?

Pertanyaan ini berkali-kali dilontarkan oleh para konsumen pengguna Samsung a50 yang mengalami kejadian handphone Samsung-nya mati sendiri.

Kebanyakan dari mereka berkeluh kesah mengenai penyebab matinya tersebut, karena bagi mereka tidak pernah ada masalah signifikan yang terjadi pada produk yang dibelinya tersebut.

Lalu apa yang menyebabkan Samsung a50 bisa mati sendiri? Menurut beberapa Staff Samsung Service Center yang menangani masalah tersebut.

Hal itu bisa saja terjadi karena adanya update system dan Update patch Security. Namun bisa juga karena telah terjadi kesalahan di firmware. 

HP Samsung Mati Sendiri dan Hidup Sendiri

Begitu banyak pertanyaan mengapa hp Samsung seringkali mati sendiri dan bahkan hidup sendiri. Pertanyaan tersebut melandasi pengalaman para pengguna hp Samsung.

Peristiwa hp mati sendiri hidup sendiri bisa juga disebut dengan istilah Bootloop. Penyebab pasti dari Bootloop sendiri belum bisa dianalisis secara karena merupakan hal yang dependent.

Tetapi banyak yang menyangka bahwa penyebabnya meliputi hal-hal berikut, yaitu salah satu sistem pada android yang tidak bekerja dengan baik atau juga karena terdapat aplikasi pada android yang tidak compatible sehingga menimbulkan terjadinya crash antara aplikasi pada sistem android.

HP Samsung Mati Sendiri Saat di Cas

Sering sekali terjadi suatu kejadian dimana saat para pengguna hp Samsung sedang men-charge hp-nya, tiba-tiba saja hp mereka tersebut mati total.

Malah dalam beberapa kasus, ketika hp mereka sedang di isi dayanya, bukannya semakin bertambah daya baterainya melainkan hp tersebut menjadi mati total secara tiba-tiba.

Hal tersebut bisa kita alami karena android Samsung yang kita miliki mengalami pengisian daya error yang juga sering terjadi pada hampir semua merek hp android lainnya.

Selain itu, faktor dari charger yang digunakan juga bisa menjadi pemicu masalah ini, misalnya terdapat kotoran seperti debu atau terdapat karat (korosi) yang masih tertinggal di charger yang kita pasang.

Jelas saja hal tersebut dapat menghalangi koneksi listrik charger dan akan memgakibatkan proses pengisian daya baterai para android menjadi terganggu.

Penyebab HP Samsung Bisa Mati Sendiri Secara Tiba-tiba

Ada banyak faktor penyebab hp Samsung bisa mati sendiri secara tiba-tiba. Penyebabnya bisa karena sistem tersendiri yang tidak stabil atau karena RAM yang penuh.

Selain itu, baterai hp yang rusak atau bahkan yang sudah tua tatkala menjadi pemicu masalah ini bisa terjadi.

Karena hal tersebut akan membuat hp menjadi panas ketika dipakai (overheat) sehingga tak jarang hp yang panas tersebut akan mati sendiri secara tiba-tiba.

Disamping itu semua, faktor internal dan faktor eksternal lah yang mungkin  paling berpengaruh, misalnya adanya error (masalah teknis) pada perangkat lunak/software android.

Terdapat virus dalam perangkat, terlalu banyak cache (sampah), beban memori yang sudah hampir penuh, menurunnya perfoma mesin android, terdapat komponen yang rusak, dan bisa juga karena efek root (jika dilakukan rooting pada android).

Cara Mengatasi HP Samsung yang Mati Sendiri

Bagi kalian para pengguna hp Samsung yang sering mengalami kejadian hp mati sendiri, jangan cemas karena berikut Akan dituturkan kepada kalian bagaimana cara mengatasi hp Samsung yang mati sendiri.

1. Restar HP Androidmu


Restart android hp Samsung dengan cara tekan dan tahan tombol daya + volume bawah selama kurang lebih 10 detik lalu nyalakan kembali.

Dan ketika muncul di layar maintenance boot mode, pilih menu boot, lalu tunggu selama 90 detik hingga reset selesai.

2. Periksa Keadaan Baterai

Jika masalahnya pada baterai, maka lakukanlah perbaikan pada status baterai yang error. Atau bisa juga dicegah dengan cara memperhatikan charger yang digunakan saat mengisi daya android hp Samsung Anda, apakah berkarat atau telah terjadi gagal koneksi.

3. Bersihkan Cache Secara Berkala

Lakukan pembersihan file sampah (cache) yang menumpuk pada sistem android Samsung Anda.

4. Scane Antivirus dalam HP Samsung Anda

Jika dirasa terdapat virus didalam perangkat android Samsung Anda, maka lakukanlah scan antivirus serta menguninstall beberapa aplikasi yang terjangkit virus.

5. Periksa RAM HP Samsung Anda

Apabila kesalahannya pada sistem, periksalah apakah RAM pada android Samsung Anda rusak, banyak aplikasi yang tidal pernah di update, telah terjadi hard reset, sering digunakan sambil cas sehingga menimbulkan efek overheat pada android, atau bahkan karena sistem android-nya yang sudah lawas.

6. Lakukan Hard Reset

Lakukan hard reset/factory reset, wipe cache partotion, dan dengan memformat/mengganti memori eksternal.

7. Masalah Pada Perangkat Keras HP Samsung

Jika masalah terjadi karena kerusakan perangkat keras yang terjadi karena paparan air/cairan, maka rendam dalam beras selama 2-3 hari untuk mengeringkan lalu setelah itu coba nyalakan kembali.

8. Lepaskan Kartu SIM atau Memori

Apabila masalah disebabkan oleh beban memori, lepaskanlah sejenak kartu SIM dan juga kartu memori lalu nyalakan kembali. Jika belum ada perubahan (masih sering mati), maka gantilah dengan kartu SD yang baru atau menghapus beberapa file yang dianggap tidak penting agar bisa memberikan cukup ruang pada sistem penyimpanan android Samsung Anda.

9. Hubungi Tempat Servis HP Samsung

Namun jika tidak ada indikasi yang jelas mengenai penyebab hp Samsung Anda sering mati sendiri secara tiba-tiba, sebaiknya segera hubungi dan konsultasi kepada HP Samsung Service Center.

Dengan demikian mereka dapat melakukan pemeriksaan terhadap telepon Anda dan segera memberitahu Anda juga dengan cepat memperbaikinya sebisa mungkin.


Kira-kira itu saja penjelasan mengenai hp Samsung a50 yang sering mati sendiri terutama untuk Samsung tipe a50. Semoga berbagai permasalahan yang telah  diulas beserta tuturan penyebab dan cara mengatasinya bisa memberikan manfaat serta pembelajaran tersendiri untuk kita semua terutama bagi para pengguna android Samsung. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel